Etika Memposting di Internet

Dalam kehidupan bermasyarakat kita harus memiliki etika/tata cara, dalam segala bentuk kagiatan kita harus menggunakan etika, salah satu nya yang akan saya bahas sekarang adalah Etika Memposting di Internet, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa internet adalah termasuk media tercepat dan termurah untuk menyebarkan informasi. Dalam satu kali klik, seluruh indonesia dapat mengakses informasi yang kita berikan. Dan hal ini tentu saja menimbulkan dua kemungkinan, yaitu menjadi potensi yang sangat baik atau menjadi potensi yang sangat buruk. Oleh karena itu, ada beberapa rambu-rambu yang perlu diperhatikan dalam memanfaatkan internet sebagai sarana penyebaran informasi, di bawah ini ada beberapa point yang perlu di perhatikan dalam Etika Memposting di Internet:

  • Ejaan yang Benar

Gunakan kata yang baik dan sesuai dengan KBBI agar mudah dimengerti pembaca.

  • Hindari Capslock

Hindari penggunaan kata yang dicapslock karena terkesan kasar dan membentak.

  • Katakan yang sebenarnya

Jangan menyebarkan berita bohong/ hoax karena dapat merugikan diri sendiri.

  • Jangan memulai masalah

Jangan memposting sesuatu yang berbau SARA dan profokatif.

  • Jangan kirim spam

Jangan memposting sesuatu yang tidak berguna berulang-ulang.

  • Kritik dan Saran yang Bersifat Pribadi Harus Lewat PM (Personal Message)

Mengkritik atau memberi saran yang bersifat pribadi di tempat umum mungkin saja akan membuat nama seseorang atau diri sendiri menjadi buruk.

  • Dilarang menghina Agama 

Hal ini sudah jelas dalam berbagai hal etika dimana pun ini sangat dilarang keras

  •  Konservatiflah

Saat mengirim email, lebih baik kita tetap bersikap formal dan konservatif. Ini jauh lebih baik daripada menulis pesan dengan                  gaya alay atau sok gaul, apalagi dengan huruf yang dibolak-balik, penuh singkatan. Sebab hanya akan membingungkan pembacanya, dan menurunkan citra dirimu.

  •  Jangan kirim email tengah malam

Hormatilah user lain, sebab mengirim email itu sama dengan menelepon. Tentu kamu tidak suka kan jika tengah malam diganggu dering telepon atau notifikasi tanda email masuk? Kesannya tidak menghormati privasi orang.

  •  Berbelanja di situs yang aman

Jika berminat melakukan e-shopping, yakinkan bahwa situs yang bersangkutan cukup aman. Setidaknya penjualnya bisa dipercaya. Sebab di situ kamu akan membagi informasi pribadi yang cukup penting, seperti nomor rekening dan nomor ponsel, bahkan alamat rumah.

  •  Bersikap bijak

Cobalah untuk bersikap sebijak mungkin, dalam mengunggah profil diri, berbagi informasi, dan bersikap kepada sesama user internet. Pahami apa yang kira-kira layak atau tidak. Jangan terburu emosi saat kita memosting sesuatu. Tidak perlu terburu-buru dalam memutuskan apa yang layak di-share atau tidak.

Dari beberpa point di atas saya sedikit mengutip dari beberapa sumber, dan pendapat saya dengan beberapa kutipan tersebut sangat sejalur karena inti dalam Etika Memposting di Internet yang harus diperhatikan adalah point point di atas tersebut, jadi saat memposting perhatikan lah point point tersebut, demikian tanggapan saya dari pembahasan di atas.

 

[sumber]

[sumber]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s